Latest Posts

CITIZEN LAW SUIT

By 01.31.00 , , , ,


Gugatan yang mengatasnamakan kepentingan umum :

1.    Class Action
2.    Actio Popularis
3.    Citizen Law Suit
4.    Groepacties
5.    Legal Standing

Citizen Law Suit

Dasar®  Setiap warga Negara tanpa kecuali mempunyai hak membela kepentingan umum. Dengan demikian setiap warga Negara atas nama kepentingan umum dapat menggugat Negara/ Pemerintah atau siapapun yang melakukan PMH yang nyata-nyata merugikan kepentingan public dan kesejahteraan luas.

Citizen Law Suit ®  lahir dalam Sistem Hukum Common Law
Petitumnya ® Pemulihan kedudukan dan keberadaan hukum

Pengertian Citizen Law Suit

1.    Gugatan yang dapat diajukan oleh setiap warga Negara tanpa pandang bulu dengan pengaturan oleh Negara (Gokkel)
2.    Gugatan yang dapat dilakukan oleh setiap orang terhadap adanya PMH yang mengatasnamakan kepentingan umum berdasarkan Perundang-undangan yang mengatur adanya prosedur tersebut (Kottenhagen – Edzes)

Perbedaan Citizen Law Suit (CLS) dengan Class Action (CA)

Persamaan
Sama-sama merupakan pengajuan gugatan yang melibatkan kepentingan sejumlah besar orang secara perwakilan oleh seorang/ lebih.

Perbedaannya
CLS ® yang berhak mengajukan gugatan adalah setiap orang atas dasar ia adalah anggota masyarakat tanpa ada keharusan bahwa orang tersebut merupakan pihak yang mengalami kerugian secara langsung.

CL®   tidak setiap orang berhak mengajukannya melainkan hanya salah satu/ beberapa orang yang merupakan anggota dari sekelompok orang yang ikut mengalami kerugian secara langsung.

Dasar Yuridis

UU No. 14 Tahun 1970 ®  “Hukum dituntut untuk menggali, mengikuti dan memahami nilai-nilai hukum yang berkembang di masyarakat dan selalu menegakkan kebenaran dan keadilan berdasarkan amanat yang dijalankan sebagai Negara hukum”
® ”Pengadilan dilarang menolak dan mengadili suatu perkara yang diajukan kepadanya………………………………………………”

You Might Also Like

1 komentar