Latest Posts

STUDENTS EXCHANGE EFFORT AS KNOWLEDGE CREATION AND KNOWLEDGE MANAGEMENT

By 03.56.00 , ,


World Class University adalah universitas yang berkomitmen untuk membangun sektor pendidikannya. Dalam mewujudkan hal itu, Universitas mempunyai kebijakan akademik yang membuka bagian international untuk menerima mahasiswa asing dan mempromosikan pertukaran mahasiswa. setiap  diharapkan dapat melakukan dan mewujudkan kebijakan tersebut dengan beberapa program unggulan, salah satunya adalah program pertukaran mahasiswa.

Program pertukaran mahasiswa ini, bertujuan untuk “knowledge creation and knowledge management”, dengan cara saling memperkenalkan budaya lokal dan nasional, bidang kedokteran, teknologi, sastra, seni, dll antara mahasiswa Indonesia dengan mahasiswa Jepang. Jepang dipilih untuk mewujudkan program pertukaran mahasiswa, karena Jepang memiliki keunggulan dalam sistem pendidikan dan merupakan salah satu negara di Asia dengan sistem pendidikan terbaik.

Kreatifitas para lulusan sekolah-sekolah di Jepang juga sudah terbukti secara internasional, contoh nyata dengan keberhasilan Honda, Suzuki yang selalu menginovasi produknya dalam hitungan waktu yang sangat singkat. Sistem pendidikan Jepang juga tidak hanya mencetak ‘buruh’ saja, melainkan juga mencetak tenaga ahli yang selalu melakukan riset secara terus menerus. Sehingga melalui program pertukaran mahasiswa ini, mahasiswa Indonesia yang belajar di Jepang bisa mendapatkan pengalaman, wawasan, dan pengetahuan selama belajar di Jepang, yang pada akhirnya dapat memberikan kontribusi nyata bagi bangsa dan negara Indonesia.

Begitu juga sebaliknya, saya sebagai pimpinan Universitas juga mempromosikan bagi mahasiswa Jepang yang belajar di Indonesia melalui pertukaran mahasiswa, untuk dapat belajar tentang bahasa Indonesia, budaya, kesenian, agama dll yang ada di Indonesia. Adapun tujuan dari pengenalan budaya terhadap mahasiswa Jepang yang belajar di Indonesia adalah, sebagai upaya untuk “Cross Cultural Understanding”, yaitu upaya untuk memberikan pengetahuan serta pengertian tentang budaya yang ada di Indonesia. selain itu, saya sebagai pimpinan Universitas juga memberikan pengalaman bagi mahasiswa Jepang tentang program pengabdian masyarakat yang sangat barguna bagi pencerahan, pencerdasan dan pemberdayaan masyarakat atas dasar ilmu dan teknologi yang mahasiswa Jepang kuasai.

Berdasarkan penjelasan diatas, pertukaran mahasiswa antara Indonesia dengan Jepang sangat penting untuk dilaksanakan karena diharapkan dapat memberikan manfaat diantara kedua negara tersebut, sebagai usaha menanamkan dan menumbuh-kembangkan rasa saling pengertian dan kerja sama antar bangsa, demi terpeliharanya perdamaian dunia, melalui program pertukaran pelajar.

You Might Also Like

1 komentar